Bijak dalam Memilih Program Bulan Ramadhan untuk Anak, Ini Tipsnya

3 Kegiatan Ramadhan Ala Rasulullah SAW yang Mudah Diikuti
expert-in-character-building

Bijak dalam Memilih Program Bulan Ramadhan untuk Anak, Ini Tipsnya – Salah satu cara terbaik mengisi kegiatan Ramadhan anak di era modern ini adalh lewat program-program khusus seperti pesantren kilat. Manfaat dari progam Bulan Ramadhan untuk anak ini sudah disadari dan dipahami oleh sebagian besar orang tua di Tanah Air. Alhasil, setiap di setiap Ramadhan, berbagai program pun bermunculan.

Mulai dari program keagamaan khusus yang digelar pesantren kenamaan, progam motivasi dan pembangunan karakter oleh lembaga tepercaya, hingga program berisi kegiatan seru dan berilmu. Program ini jumlahnya sangat banyak, tersebar di seluruh kota dan daerah di Indonesia, serta banyak diikuti oleh anak-anak hingga remaja.

Nah, saking banyaknya program Ramadhan yang disediakan, tak jarang membuat orang tua bingung. Mau pilih yang mana? Program mana yang terbaik untuk anak saya? dan sebagainya. Jika Anda memiliki pemikiran yang sama, coba simak sejenak ulasan berikut.

Ada beberapa tips untuk Ayah dan Bunda dalam memilih Program Bulan Ramadhan untuk anak secara tepat. Di antaranya :

Pilih Program Ramadhan Sesuai Kebutuhan Anak

Hal pertama yang penting Anda lakukan saat memilih adalah apakah program tersebut sesuai dengan kebutuhan anak. Contohnya, anak-anak perlu memahami praktik ibadah dan ilmu agama yang selama ini dirasa kurang. Sebagai orang tua Anda ingin anak-anak memiliki karakter unggul dan berprestasi di sekolah. Kebutuhan menumbuhkan rasa percaya diri pada anak lewat kegiatan Ramadhan karena berkumpul dengan banyak teman.

Ya, setiap anak memiliki kebutuhan masing-masing dalam tumbuh kembangnya. Hal ini perlu dipahami oleh orang tua, agar bisa memilih program yang tepat. Secara garis besar, program Ramadhan memang berisi materi seputar Keislaman. Namun, ada juga program yang menambah manfaat khusus seperti mengajarkan kemandirian, menumbuhkan motivasi belajar, dan sebagainya.

Jadi, saat memilih program Ramadhan, pastikan Anda membaca detail informasi yang disajikan. Anda pun bisa bertanya seputar benefit yang didapat, materi apa saja yang disampaikan, hingga review dari para alumni atau peserta terdahulu. Dengan demikian Anda bisa mempercayakan anak-anak dididik secara tepat dan bisa mengisi aktivitas positif selama Ramadhan.

Cek Waktu yang Tepat Saat Memilih Program  Bulan Ramadhan untuk Anak

Waktu pelaksanaan program Ramadhan biasanya beragam. Ada yang hanya dua hari, seminggu, bahkan sebulan penuh. Ada yang mengharuskan peserta menginap dan ada juga yang boleh pulang. Ada yang beriringan dengan jadwal sekolah anak dan ada juga yang di luar jadwal sekolah.

Nah di sinilah pentingnya orang tua menyesuaikan waktu yang tepat saat memilih program Bulan Ramadhan. Pastikan anak-anak mendapatkan program yang tepat di waktu yang tepat pula. Jangan sampai program tersebut bertabrakan dengan jadwal sekolah dan jadwal les. Selain itu, pertimbangkan juga kesehatan fisik dan mental anak.

Jangan sampai orang tua terlalu over mengisi kegiatan anak, hingga mereka kelelahan dan jadi malas. Berlebihan justru membuat program bermanfaat yang diikuti jadi kurang optimal. Ada baiknya Anda berdiskusi dengan anak saat memilih program Ramadhan yang bermanfaat dan mereka sukai.

Sesuaikan Program Bulan Ramadhan Anak dengan Lingkungan di Rumah

Satu lagi hal penting adalah pastikan program tersebut beriringan dengan lingkungan di rumah. Selama mengikuti program Ramadhan, anak-anak tentu belajar tentang sholat, ibadah sunnah, berdoa, dan sebagainya. Agar, hasil dari program itu berjalan optimal, orang tua diharapkan menciptakan lingkungan yang sesuai di rumah.

Misalnya, ajak anak sholat sunnah berjamaah, mengaji bersama, sedekah, mengucapkan doa bersama saat buka maupun sahur, dan sebagainya. Cara ini umumnya akan mudah melekat di benak anak-anak, sehingga pelajaran berharga yang mereka dapatkan selama program Ramadhan bisa langsung diterapkan dan dipahami.

Memberikan ilmu yang bermanfaat dan pengalaman berkesan untuk menjadikan anak-anak sholeh/sholehah, berprestasi, mandiri, dan sukses di masa depan memang penting. Namun, yang tidak kalah penting adalah upaya kita orang tua untuk menciptakan lingkungan yang kondusif di lingkup keluarga.

Semoga bermanfaat!

Writer – Tya

BACA JUGA  Motivator Anak Indonesia, 3 Hal Yang Seringkali Membuat Anak Takut
Free Download jadwal imsakiyah Ramadhan 1440 H - 2019

Anda Ingin segera meraih pencapaian tertinggi dalam hidup Anda?
Dapatkan 30 Video Motivasi Gratis dari ESQ 165 melalui email Anda



Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

1
Pagi! Ada yang bisa Kami bantu?
Powered by