Belum Terlambat, Ini 3 Kegiatan Ramadhan Untuk Anak-Anak yang Bisa Anda Coba

Menambah Pengetahuan dalam Bidang Agama Melalui Kultum Ramadhan - ESQ Ramadhan
expert-in-character-building

Belum Terlambat, Ini 3 Kegiatan Ramadhan Untuk Anak-Anak yang Bisa Anda Coba –Sepekan sudah Ramadhan hadir mewarnai hari umat muslim di seluruh dunia. Semua orang tampak sibuk mengisi momen berharga ini dengan berbagai kegiatan. Ada yang sedang bagi-bagi takjil dan sedekah, ada yang menciptakan kehangatan keluarga di rumah dengan buka dan sahur bersama, ada yang semakin rajin datang ke masjid, dan kegiatan lain yang mendatangkan pahala berlimpah.

Nah, kini tersisa beberapa hari sebelum hari kemenangan tiba. Untuk mereka yang tidak memiliki rencana matang selama sebulan, biasanya bingung mau ‘ngapain’ lagi di bulan Ramadhan ini. Kegiatan apakah yang bisa mendatangkan banyak manfaat dan berkah, terlebih untuk keluarga dan anak-anak tercinta.

Apakah Anda berpemikiran yang sama? Jika ya, coba simak sejenak ulasan berikut. Ada beberapa kegiatan seru untuk mengisi Ramadhan anak-anak kali ini. Antara lain :

 

  • Ikut Pesantren Kilat

 

Biasanya pesantren kilat sudah menjadi program sebuah sekolah atau pondok pesantren. Lama waktunya antara satu minggu hingga sebulan Ramadhan. Orang tua biasanya sudah mendaftarkan anak-anak mengikuti sanlat ini dari sebelum Ramadhan, karena permintaan yang cukup tinggi dan hampir penuh di mana-mana.

Ya, pesantren kilat adalah kegiatan yang sangat bermanfaat. Anak-anak bisa mendalami pengetahuan tentang Islam, mempelajari prakti salat, mengaji bersama, dan masih banyak lagi. Semua itu bisa meningkatkan kecerdasan emosional dan spiritual anak di masa depan. Apalagi mereka akan berkumpul dengan teman sebaya yang membuat suasana jadi seru dan menyenangkan.

Nah, Anda yang baru punya waktu untuk mendaftarkan anak di pesantren kilat saat pertengahan Ramadhan ini, ada saran jitu buat Anda. Cari saja program sanlat singkat satu hingga 3 hari dari sejumlah lembaga tepercaya. Misalnya seperti sanlat ESQ yang mengajak buah hati belajar, beribadah, dan bermain ke puncak Bogor.

 

  • Ajak ke Pelatihan Pembangunan Karakter

 

BACA JUGA  10 Mukjizat Menjadi Lebih Sehat dengan Puasa

Sanlat bukanlah satu-satunya program yang berisi kegiatan bermanfaat untuk anak-anak. Jika Anda memiliki persoalan khusus dan ingin coba diselesaikan di momen Ramadhan ini, coba daftarkan anak-anak ke pelatihan pembangunan karakter.

Misalnya, Anda ingin mendidik anak menjadi pribadi mandiri, berprestasi, percaya diri, sholeh/sholehah, dan sebagainya. Beberapa persoalan ini bisa dipecahkan lewat sejumlah training khusus. Misalnya beberapa program menarik ESQ semacam Training ESQ Basic Kids/Teens, Training Meraih Impian, Training Young Speaker Bootcamp, dan lain-lain.

Langsung aja cek jadwalnya di bulan Ramadhan ini, untuk membantu Anda. Berkonsultasi dengan tim ESQ pun bisa jadi pilihan, untuk mengetahui pelatihan seperti apa yang tepat diikuti oleh buah hati tercinta.

 

  • Belajar dan Bermain Bersama

 

Nah untuk Anda yang punya banyak waktu bersama anak-anak, belajar dan bermain bersama selama Bulan Ramadhan bisa jadi pilihan. Misalnya, mengajak anak melakukan kegiatan sosial seperti bagi-bagi takjil, berkunjung ke panti asuhan, dan bertemu dengan sesama yang kekurangan. Anda pun bisa menyisipkan cerita dan penjelasan bermanfaat untuk mendidik jiwa sosial mereka.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan kegiatan seru lain yang disukai anak-anak jaman sekarang seperti menonton video atau film bertemakan sejarah Islam, mengajaknya membuat makanan buka sambil nge-vlog dan bercerita hal bermanfaat, hingga bermain kuis berhadiah, untuk menciptakan semangat berpuasa.

Belum terlambat untuk membuat Kegiatan Ramadhan untuk anak-anak yang seru, menyennagkan, dan penuh kesan. Ada banyak sekali cara yang bisa Anda coba, termasuk beberapa sara di atas. Intinya, mari kita lakukan berbagai kegiatan bermanfaat dan berpahala sebaik mungkin, mumpung masih diberi kesempatan menikmati indahnya Ramadhan.

Writer – Tya

 

BACA JUGA  Makanan Khas Lebaran yang Selalu Menjadi Favorit
Free Download jadwal imsakiyah Ramadhan 1440 H - 2019

Anda Ingin segera meraih pencapaian tertinggi dalam hidup Anda?
Dapatkan 30 Video Motivasi Gratis dari ESQ 165 melalui email Anda



Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

1
Pagi! Ada yang bisa Kami bantu?
Powered by