was successfully added to your cart.

Belajar Tenang Dari Sebuah Pensil

Cara-Agar-Bisa-Tenang,-Belajar-ketenangan,-Cara-Agar-Tenang

YUK! BELAJAR PRINSIP HIDUP TENANG DARI SEBUAH PENSIL

Setelah bahagia, menjalani hidup dengan ketenangan menjadi harapan sebagian besar orang. Apakah Anda juga? Jika YA, bagaimana caranya menjadi pribadi yang tenang dalam berjuang dan menjalani kehidupan ini?

Tentu banyak solusi dan cara yang bisa Anda coba. Misalnya dengan belajar prinsip hidup tenang dari sebuah pensil.
Ya, sebuah pensil, sesuatu yang biasa dalam keseharian kita dan tampak kecil ini, bisa memberikan pelajaran berharga.

Apa itu?.. Yuk simak cerita dibawah ini :

Siang itu, seperti biasa Cucu hanya tinggal berdua bersama neneknya di rumah. Cucu langsung berhenti bermain, ketika melihat sang nenek yang sedang sibuk menulis di buku catatannya.

“Nek, sedang menulis surat yah? Atau sedang menulis cerita tentang aku?” tanya cucu antusias sambil beranjak menghampiri neneknya.

Sambil tersenyum nenek menghentikan aktivitasnya untuk bercengkrama dengan cucunya. “Iya, nenek sedang menulis tentang kamu. Namun, ada hal yang lebih penting dari cerita itu ialah pensil yang sedang nenek pakai ini,” katanya sambil menunjukkan pensil.

BACA JUGA  Wahai Wanita, Awas, Mungkin Ini Yang Membuat Anda Sulit Mewujudkan Impian

“Nenek berharap, ketika kamu besar nanti, bisa menjadi seperti pensi ini,” lanjut nenek seraya tersenyum.

Cucu sedikit bingung dengan perkataan nenek sambil menatap wajah nenek dan pensil bergantian. “Apa pensil ini istimewa nek?” tanyanya.

“Itu tergantung pada cara kamu memandang dan melihat pensil ini. Jika mau lebih jeli, ada setidaknya 5 pelajaran yang bisa dijadikan prinsip hidup tenang,” terang nenek.

Karena sang cucu masih belum paham, akhirnya nenek pun menjelaskan satu per satu dengan detail. Apa itu?

#1 Tangan Tuhan
Sebuah pensil bisa menuliskan berbagai hal hebat, jika dibantu tangan manusia. Kamu pun bisa melakukan hal yang hebat dalam hidupmu, tentu dengan bantuan dan bimbingan dari Tuhan.

“Sertakan Tuhan di setiap langkah kehidupan kita. Tuhan sang Pemilik Kehidupan dan kita butuh bimbingannya untuk menjalaninya.”

#2 Proses dalam Kehidupan
Sebelum menjadi tajam dan bisa digunakan, pensil perlu diraut dan itu menyakitkan. Kamu pun akan mengalami berbagai proses panjang seperti, penderitaan, kesusahan, dan sebagainya.

BACA JUGA  3 Pelajaran Berharga Dari Kisah Kehidupan Henry Ford

“Proses dalam kehidupan memang perlu dilewati. Proses yang akan membuat seseorang menjadi pribadi tangguh dan lebih baik setiap harinya.”

#3 Menghapus Kesalahan
Kita bisa saja menulis kata yang salah dengan pensil, namun pensil selalu memberi kesempatan untuk menghapus dan memperbaikinya. Di dalam hidup, kamu mungkin juga akan melakukan kesalahan. Namun itu bukanlah akhir atau keburukan. Kesalahan bisa diperbaiki selama kamu mau.

“Hapus kesalahan dan perbaiki dengan tidak mengulangnya kembali. Jadi kamu bisa menjalani hidup yang lebih baik lagi.”

#4 Bagian Terdalam
Pada pensil, bagian terpenting ialah di dalamnya yakni, jarang yang digunakan untuk menulis berbagai kata. Hal sama berlaku juga pada dirimu. Kualitas dan berbagai nilai dirimu terdapat di bagian paling dalam, bukan bagian luar semata. Kita sering menyebutnya HATI yang SUCI.

“Sadarilah.. untuk melakukan kebaikan dan berbagai hal positif bukan hanya mengandalkan fisik, namun ada juga HATI dan PIKIRAN.”

#5 Jejak
Pensil selalu meninggalkan jejak goresan ketika digunakan. Ini sama seperti kamu yang sedang menjalani kehidupan ini. Semua perbuatan kamu akan meninggalkan kesan dan kenangan.

BACA JUGA  Adil Saat Berkuasa

“Jadi, selalu cermati semua tindakanmu sejak awal dan lakukan hal-hal positif akan berkesan positif.”

Itulah 5 pelajaran dari pensil yang bisa jadi prinsip hidup tenang. Kesimpulannya, jangan terlalu khawatir menjalani kehidupan ini. Tetap melangkah, tetap tenang, tetap berusaha, dan bekerja keras. Setuju?

Bagaimana menurut sahabat ESQ? Apakah ada pelajaran lain yang bisa diambil dari pensil ini? Atau Anda memiliki pendapat lain? Yuk share di kolom komentar bawah ini.

Salam 165

 


Dapatkan tulisan-tulisan yang menginspirasi dari ESQ 165 Great Character Series dengan like halaman facebook https://www.facebook.com/esqtraining/

Informasi mengenai Pelatihan ESQ kunjungi  Training ESQ 165 Great Character Series

Anda Ingin segera meraih pencapaian tertinggi dalam hidup Anda?
Dapatkan Informasi Training, Tips Menarik dan Artikel Inspiratif dari ESQ 165 melalui email Anda