6 Tips Sehat Puasa Bagi Ibu Hamil

6-Tips-Sehat-Puasa-Bagi-Ibu-Hamil
expert-in-character-building

6 Tips Sehat Puasa Bagi Ibu Hamil – Lagi hamil puasa, emang boleh? Hal tersebut merupakan pertanyaan yang kerap dilontarkan oleh ibu-ibu yang sedang mengandung. Sebenarnya tidak ada masalah dengan puasa bagi ibu hamil. Namun dengan syarat kondisi sang ibu dan bayi dalam kandungan dinyatakan sehat dan aman oleh dokter kandungan. Jadi, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter kandungan Anda, ya!

Kemudian, salah satu yang harus diperhatikan pada saat kehamilan adalah nutrisi yang cukup untuk janin dan sang ibu. Ibu hamil yang memutuskan untuk berpuasa sebaiknya memastikan energi dan nutrisi Anda mencukupi untuk janin dalam kandungan. Selain itu, yang juga harus diperhatikan oleh ibu hamil saat berpuasa adalah durasi puasa dan usia kehamilan.

Puasa bagi ibu hamil pada trimester pertama berisiko 1,5 kali lebih besar melahirkan bayi dengan berat badan kecil. Hal ini disebabkan karena pada trimester pertama, janin memerlukan asupan kalori lebih banyak untuk memenuhi kebutuhan tumbuh kembang janin dan juga sang ibu. Jika asupan gizi ini kurang, maka otomatis bayi akan terlahir dengan berat badan kecil.

Lalu, apa saja tips sehat puasa bagi ibu hamil? Simak beberapa tips-nya berikut ini agar puasa Anda lancar dan nyaman.

Hindari Melakukan Aktivitas yang Berat

Ibu hamil yang sedang berpuasa, sebaiknya menghindari melakukan aktivitas berat yang membuat lelah, seperti berjalan jauh dan mengangkat beban berat. Jika Anda terpaksa melakukan pekerjaan yang menuntut aktivitas fisik intens, sebaiknya Anda meminta keringanan dengan mengurangi jam kerja atau meminta penambahan waktu istirahat untuk menghindari kelelahan.

Hindari Stres

Tips puasa bagi ibu hamil yang selanjutnya adalah menghindari stres. Tanpa disadari hormon kortisol (hormon penyebab stres) memiliki kadar yang lebih tinggi pada ibu hamil yang sedang berpuasa dibandingkan dengan ibu hamil yang tidak berpuasa. Jadi, sebaiknya tetaplah tenang  dan hindari melakukan aktivitas yang dapat memicu stres. Jangan pernah sungkan untuk meminta bantuan orang sekitar, jika Anda membutuhkan bantuan.

Perhatikan Asupan Nutrisi

Hal yang harus diperhatikan bagi ibu hamil saat berpuasa adalah nutrisi yang dikonsumsi setiap hari. Pemilihan makanan pada saat sahur dan berbuka puasa harus Anda perhatikan. Pastikan Anda mengonsumsi makanan dengan nutrisi yang lengkap, seperti karbohidrat kompleks, serat, protein, vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh ibu dan janin dalam kandungan. Pilihlah makanan yang mengandung serat tinggi seperti buah dan sayur, serta yang mengandung protein tinggi seperti kacang-kacangan, telur dan daging yang dimasak secara matang.

Selalu Berada di Tempat Sejuk

Nah, salah satu tips puasa bagi ibu hamil berikutnya adalah menghindari berpanas-panasan dibawah terik matahari. Ketika hamil, tubuh akan selalu merasa panas dan gerah. Hal ini yang membuat ibu hamil rentan terkena dehidrasi. Ini dapat membahayakan kondisi janin dan sang ibu. Jadi, usahakan Anda selalu berada di tempat yang sejuk dan adem, ya!

Jangan Terlalu Banyak Mengonsumsi Manis

Makanan dan minuman manis memang nikmat, namun ternyata cukup berbahaya bagi ibu hamil yang sedang berpuasa, lho. Hal ini disebabkan karena makanan dan minuman manis dapat menaikkan kadar gula darah ibu dengan cepat. Nah, perubahan kadar gula darah yang terlalu cepat akan membuat ibu hamil merasa pusing hingga pingsan. Jadi, sebaiknya hindari makan dan minum manis pada saat berbuka puasa.

Perhatikan Asupan Air Putih

Dalam kehidupan sehari-hari, air merupakan elemen penting karena merupakan sarana transportasi di dalam tubuh untuk menyalurkan zat-zat ke semua sel. Jadi, bagi ibu hamil yang berpuasa sebaiknya cukupi asupan air putih sekitar 1,5-2 liter antara waktu sahur hingga berbuka puasa. Selain itu, sebaiknya kurangi mengonsumsi minuman berkafein, seperti teh dan kopi, yang dapat memicu dehidrasi terutama ketika cuaca sedang panas.

Nah, itu tadi beberapa tips sehat puasa bagi ibu hamil yang bisa Anda jadikan panduan. Hal terpenting adalah ketahui kapasitas fisik Anda dan jangan pernah memaksakan diri, serta selalu konsultasikan dengan dokter kandungan Anda, ya!

BACA JUGA  5 Amalan Terbaik di Bulan Ramadhan yang Sayang Jika Dilewatkan
Free Download jadwal imsakiyah Ramadhan 1440 H - 2019

Anda Ingin segera meraih pencapaian tertinggi dalam hidup Anda?
Dapatkan 30 Video Motivasi Gratis dari ESQ 165 melalui email Anda



Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

1
Pagi! Ada yang bisa Kami bantu?
Powered by