6 Target Ibadah yang Akan Membantu Anda Menyusun Kegiatan Ramadhan Kaya Manfaat

6 Target Ibadah Untuk Kegiatan Ramadhan Lebih Bermanfaat
expert-in-character-building

6 Target Ibadah yang Akan Membantu Anda Menyusun Kegiatan Ramadhan Kaya Manfaat – Memiliki target saat menyambut datangnya Bulan Ramadhan adalah satu hal penting yang perlu dipahami umat muslim. Target yang dikemas dalam kegiatan Ramadhan ini perlu dirancang secara khusus. Alasannya, agar Ramadhan tidak berlalu begitu saja tanpa ada perubahan pada pribadi yang beriman.

Tentu kita tahu bahwa banyak sekali pahala, nikmat, dan ampunan yang diberikan Allah SWT di bulan suci Ramadhan. Sebuah kesempatan mendapatkan pahala sebanyak-banyaknya, lewat kegiatan bermanfaat. Nah, dengan adanya target, kita bisa lebih fokus dan konsisten menjalani hari demi hari di Bulan Ramadhan.

Pertanyaannya kemudian, apakah target Anda ketika diberi kesempatan bertemu Ramadhan?

Jawabannya bisa berbeda-beda. Namun pastikan 1 dari 10 target di bawah ini masuk dalam rencana kegiatan Ramadhan Anda. Kegiatan yang InsyaAllah kaya manfaat dan penuh makna untuk kehidupan di dunia hingga akhirat kelak.

Tidak Meninggalkan Sholat Tarawih

Meski hukumnya sunnah, shalat tarawih adalah salah satu ibadah yang sangat spesial jika dikerjakan di Bulan Ramadhan. Paling baik dikerjakan berjamaah, namun tetap boleh dikerjakan sendiri. Jika diberi kesempatan bertemu Ramadhan, coba targetkan mengerjakan sholat sunnah ini secara penuh.

Anda pun bisa menambahkan sholat sunnah lain seperti dhuha di pagi hari. Setiap ibadah yang dikerjakan di bulan puasa pahalanya berlipat-lipat. Jadi kenapa tidak diisi dengan mengerjakan ibadah kaya manfaat seperti sholat sunnah.

Rutin Membaca Alquran

Sangat dianjurkan untuk membuat target khatam 30 juz di Bulan Ramadhan. Anda bisa membuat target khatam sekali dalam sebulan ini atau khatam berkali-kali sesuai kebutuhan. Silakan atur waktu untuk bisa memenuhi target tersebut.

Ingat, pahala membaca kitab suci Alquran dihitung setiap hurud dan dikalikan 10 kali lipat. Bukankah akan sangat berlimpah jika kita bisa rutin membacanya selama Ramadhan.

Sholat 5 Waktu Berjamaah

Kecuali wanita yang memang lebih dianjurkan sholat sendiri, para pria bisa mengerjakan sholat 5 waktu secara berjamaah. Coba kerjakan secara konsisten selama sebulan penuh. InsyaAllah menjadi kebiasaan baik yang berguna dalam menjalani kehidupan di dunia hingga akhirat kelak. Anda bisa datang ke masjid terdekat atau mencoba safari ke sejumlah masjid selama Ramadhan.

Niatkan Ibadah Sosial

Momen Ramadhan dan puasa ini bisa juga dimanfaatkan untuk mengubah hal yang kurang baik menjadi lebih baik. Misalnya, lebih sabar saat bekerja, lebih sering berbagi senyum dengan rekan kerja dan keluarga, saling tolong menolong dalam kebaikan, dan sebagainya.

Anda pun bisa menargetkan aksi sosial bersama orang terdekat seperti bagi-bagi takjil buka puasa. Ada banyak hal positif dan kaya manfaat yang bisa diterapkan selama sebulan penuh puasa. Coba kerjakan sesuai kemampuan dan lihat perubahan pada diri setelahnya, serta bagaiman jiwa dan hati yang lebih bahagia.

Rutin Bersedekah

Siapkan uang Anda untuk bisa bersedekah selama Ramadhan. Sangat dianjurkan untuk bersedekah secara rutin setiap hari di bulan nan suci ini. Berapa pun kemampuan dan uang yang dimiliki, sedekah di Bulan Ramadhan pahalanya berlipat-lipat.

Bukankah Allah sudah menjamin dalam kita Alquran, bahwa sedekah tidak akan pernah membuat kita miskin. Justru dengan sedekah seseorang bisa menjadi lebih kaya, bahagia, sejahtera, dan hidup penuh makna.

Menuntut Ilmu untuk Pengembangan Diri

Satu lagi kegiatan Ramadhan yang InsyaAllah mendatangkan banyak manfaat dan pahala adalah menuntut ilmu selama Ramadhan. Anda bisa menjadalami ilmu keislaman, belajar sejarah, mengikuti kajian, hingga training pegembangan diri.

Carilah kegiatan yang bisa mendekatkan diri kepada Allah, meningkatkan iman, kaya manfaat, dan diberi limpahan pahala di bulan suci ini. Jika butuh inspirasi kegiatan Ramadhan silakan berburu informasi di internet, jejaring sosial, maupun website khusus motivasi pengembangan diri seperti www.esqtraining.com. Semoga bermanfaat!

Writer – Tya

BACA JUGA  Saat Ayah & Bunda Berhadapan Dengan Pilihan Sulit
Free Download jadwal imsakiyah Ramadhan 1440 H - 2019

Anda Ingin segera meraih pencapaian tertinggi dalam hidup Anda?
Dapatkan 30 Video Motivasi Gratis dari ESQ 165 melalui email Anda



Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

1
Pagi! Ada yang bisa Kami bantu?
Powered by